DPP PPP Apresiasi Taman Ketahanan Pangan Binaan HKTI Jakarta Ditinjau DPP PPP


 JAKARTA,  Taman Ketahanan Pangan di kelurahan Kelapa Dua Wetan kecamatan Ciracas, Jakarta Timur merupakan salah satu  lokasi edukasi bagi ibu-ibu agar lebih memaksimalkan lahan pekarangan rumah yang terbatas agar berdaya guna.

Di Taman Ketahanan Pangan ini dibudidayakan ikan lele dalam kolam bioflok dan diatasnya ditanami sayuran hidroponik.

Diungkapkan Rina Fitri S.K.M, M.M dikatakan bahwa taman tersebut merupakan binaan dari Perempuan Tani HKTI DKI Jakarta.

"Adanya pandemi sangat berdampak terhadap perekonomian keluarga dan kelancaran distribusi pangan, dan kami berinisiatif untuk meningkatkan peran ibu-ibu dalam membantu perekonomian dan ketahanan pangan keluarga dengan membuat kolam bioflok ini," jelas Pengurus Pusat DPP HKTI ini.

Ditambahkannya, taman tersebut juga sejalan dengan program Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian yaitu Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Program P2L dari Kementan bertujuan meningkatkan ketersedian, akses dan pemanfaatan pangan bagi keluarga guna menghasilkan beragam pangan yang bergizi seimbang dan aman dari cemaran limbah sekaligus dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

 "Ini dilakukan melalui pemberdayaan kelompok dengan memanfaatkan pekarangan maupun lahan kosonong di seputar rumah yang tidak produktif," papar Rina yang juga merupakan Ketua DPP PPP Bidang Pertanian, Perikanan dan Kelautan ini.

"Sayuran dan ikan bisa kita ambil dari pemanfaatan lahan pekarangan rumah, dan kemudian hasil panen dapat dijual ke tetangga dengan harga lebih murah dibandingkan di warung. Dari segi ekonomi dan ketahanan pangan di masa pandemi covid, ini sangat membantu sekali," tutup Rina Fitri disela-sela kegiatan di Taman Ketahanan Pangan, Selasa (7/11/2021).

Semantara, Rice Basko Ketua Harian Perempuan Tani HKTI DKI Jakarta bersyukur bahwa Taman Ketahanan Pangan binaan organisasinya, hasil produksi dari ternak ikan lelenya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Kami bersyukur keberadaan taman ketahanan pangan ini memberi manfaat bagi lingkungan warga sekitar, dan ibu-ibu di sini sudah mulai membuat taman seperti ini di pekarangan rumahnya masing-masing," kata Rice Basko dengan wajah berseri.

Ditambahkan Syaikha Aulia, Bendahara Perempuan Tani HKTI DKI Jakarta bahwa pihaknya akan membuat taman serupa di berbagai tempat di wilayah Jakarta.

"Keberhasilan ini akan kami kembangkan dengan taman ketahanan pangan sejenis di berbagai wilayah DKI Jakarta agar keberadaan kami dapat dirasakan oleh masyarakat jakarta." tutup Syaikha Aulia yang juga merupakan cucu dari Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

0 komentar:

Posting Komentar