Besok Mulai Berlaku PSBB di 3 Daerah di Jatim, Gubernur Khofifah Kirimkan Sembako untuk Dapur Umum di Sidoarjo dan Gresik





KOTA SURABAYA, Tiga daerah di Jawa Timur akan resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai besok Selasa (28/4). Tiga daerah tersebut yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan sebagain Kabupaten Gresik. 

Untuk itu, hari ini Senin (27/4), Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan awal berupa sembako pada Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik untuk menyuplai kebutuhan dapur umum yang akan dibuka selama PSBB berlangsung.  

Sembako yang dikirim Pemprov Jatim ke Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik masing-masing terdiri dari 5 ton beras, 1 ton telur ayam, 1 ton daging ayam beku dan 500 karton mie instan.

Bantuan sembako ini tepatnya akan digunakan untuk keperluan makan sahur dan buka puasa bagi warga masyarakat, yang akan disiapkan di dapur umum di wilayah yang menerapkan PSBB. 

Makanan siap santap yang disiapkan dari dapur umum tersebut akan didistribusikan pada masyarakat yang sudah didata oleh masing-masing kabupaten kota yang melaksanakan PSBB. Dimana mereka masuk sebagai warga terdampak covid-19. 

"Hari ini adalah hari ketiga untuk sosialisasi PSBB, hasil koordinasi dengan forkopimda plus, mulai nanti malam akan ada beberapa  titik di area PSBB yang  menyiapkan dapur umum yang akan dudistribusikan untuk  makan sahur pada dini hari nanti dan juga besok buka puasa," tutur Gubernur Khofifah dalam pemberangkatan bantuan sembako di Gedung Negara Grahadi. 

Titik penyiapan dapur umum ini sudah dikoordinasikan dengan kabupaten kota yang menyelenggarakan PSBB. 

Sedangkan untuk distribusinya, dijelaskan Gubernur Khofifah, tim dari koramil dan  polsek, babinsa serta  babinkamtibmas serta relawan sudah mengantongi jumlah dan daftar KK serta jiwa yang membutuhkan distribusi makanan sahur dan buka puasa selama pelaksanaan PSBB.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah mengatakan bahwa bantuan sembako bukan hanya disalurkan pada daerah yang besok mulai menerapkan PSBB. Melainkan juga  disalurkan ke daerah-daerah di Jawa Timur. 

Total saat ini sudah ada 33 titik yang didrop sembako oleh Pemprov Jawa Timur. Dengan total paket sembako mencapai 13.856 pack. Yang isinya ada beras, minyak goreng, telur ayam, gula, mi instan dan juga kebutuhan makanan lain yang diberikan pada warga masyarakat terdampak covid-19.

"Selama ini banyak sekali warga masyarakat yang sudah membantu, ada yang memberi bantuan beras mie instan, telur, gula, minyak goreng, macam-macam. Kita kemudian kumpulkan itu dan per hari ini sudah didistribukan ke 33 titik dan sudah ada 13.856 pack sembako yang diberikan ke masyarakat terdampak," kata Gubernur Khofifah. 

Oleh sebab itu ia secara khusus mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang sudah membantu, dan berharap bantuan yang disalurkan bisa turut meringankan dampak covid-19 yang dirasakan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar