BEBERAPA PENYEBAB TELINGA BERDENGING

Gangguan telinga sering kita rasakan seperti adanya suara berdenging di dalam telinga. Kondisi tersebut sebetulnya bukanlah bunyi atau suara yang bersumber dari dalam telinga melainkan suara denging hanya persepsi yang timbul karena adanya kelainan yang terjadi di dalam organ telinga bagian dalam.
Tinnitus atau telinga berdenging merupakan persepsi suara dering yang timbul di dalam organ telinga bagian dalam akibat adanya sebuah kondisi, misalnya saja seperti cedera telinga, kondisi hilangnya pendengaran akibat faktor usia, atau bisa juga karena adanya gangguan pada sistem sirkulasi di dalamnya.  Kondisi tersebut sebetulnya terjadi karena beberapa faktor. Untuk itu kami akan berikan informasi penyebab telinga berdenging atau berdenging yang mungkin terjadi karena kebiasaan sehari-hari. Simak ulasannya !

1. Adanya Infeksi Saluran Telinga
Kondisi kuping berdenging yang disertai rasa sakit pada bagian telinga bisa terjadi karena adany infeksi pada salah satu saluran telinga, baik itu telinga sebelah kanan atau kiri. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut masih tergolong ringan, dan sebaiknya tidak boleh dianggap sepele juga jika rasa sakit berlangsung selama 1-3 hari. Penanganan yang tepat dapat memulihkan kondisi telinga seperti sediakala. Namun tidak menutup kemungkinan jika kondisi seperti ini akan berlanjut jika tidak segera ditangani.

2. Penyumbatan Akibat Kotoran Telinga
Kotoran pada telinga ternyata memang memiliki peran yang sangat bagus untuk melindungi saluran telinga. Kotoran telinga juga dapat memperlambat pertumbuhan bakteri sehingga mengurangi resiko infeksi yang mungkin terjadi di dalamnya. Akan tetapi jika kotoran telinga tersebut terus menumpuk dan jarang dibersihkan malah akan berbahaya karena menimbulkan penyumbatan pada salurangn telinga itu sendiri. Akibatnya akan terjadi gangguan pendengaran, iritasi, hingga telinga berdenging.

3. Tumor Pada Kepala atau Leher
Tumor pada kepala atau leher merupakan tumbuhnya jaringan atau sel secaar abnormal di bagian keduanya. Biasanya pertumbuhannya akan menekan aliran darah yang ada pada kepala atau leher sehingga menimbulkan adanya gangguan pada organ pendengaran. Selain itu, timbulnya tumor di bagian kepala atau leher juga dapat menimbulkan beberapa gejala seperti telinga sakit sebelah kanan atau kiri, suara denging pada telinga, atau bisa yang lainnya.

4. Faktor Usia
Sebagain besar kasus telinga berdenging sering dirasakan oleh orang yang sudah lanjut usia. Dimana bertambahnya usia seseorang, maka penurunan kinerja pada organ tubuh pun ikut terjadi.  Hal tersebut bisa terjadi pada organ pendengaran atau telinga. Kebanyak orang yang lanjut usia akan sering mengalami gangguan telinga berdenging, ini biasanya terjadi pada seseorang yang menginjak usia 60 tahun ke atas. Dimana adanya penurunan kinerja pada organ telinga menimbulkan adanya dengungan atau dengingan yang bisa terjadi kapan saja.

5. Tekanan Darah Tinggi
Mempunyai tekanan darah tinggi, stress atau gaya hidup yang tidak sehat bisa mengakibatkan masalah pada organ telinga. Dimana orang yang mengalami gangguan pada organ pendengarannya akan mengalami beberapa gejala seperti telinga yang berdenging ataupun pendengaran yang mulai menurun. Sehingga kebanyakan orang yang menderita tekanan darah tinggi akan mengalami penurunan kinerja pada organ pendengarannya.

Kondisi telinga yang berdenging sebetulnya bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan kondisi ini bisa terjadi tanpa pandang faktor penyebabnya. Pada permasalahan kuping berdenging sebetulnya bisa ditangani sendiri terutama jika kondisi belum terlalu parah. Kamu bisa selalu menjaga kebersihan pada organ telinga dan rutin check kepada dokter spesialis THT untuk menjaga kesehatan organ telinga.

0 komentar:

Posting Komentar