Antisipasi Cuaca Ekstrem, Lanal Yogyakarta Gelar Apel Siaga Bencana

Yogyakarta, Untuk mengantisipasi potensi bencana akibat pengaruh cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia ahkir-ahkir ini, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, Lantamal V menggelar Apel Siaga Bencana bertempat di Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Samas Kab. Bantul Yogyakarta. Rabu  (8/1).

 Apel Siaga Bencana dipimpin oleh Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Yuhanit.

Dalam kesempatan tersebut, Ia menyampaikan beberapa penekanan kepada personil siaga bencana untuk berperan aktif dan sinergergi dengan jajaran TNI Polri, Pemerintah Daerah, unsur SAR serta relawan di wilayah Yogyakarta serta siap setiap jika terjadi kedaruratan bencana.

Turut hadir pada Acara Siaga Bencana antara lain Pjs. Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) Wahono, Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpomal) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (PM) Sambudi serta  Danposal Samas Peltu Bek Usmanudin H.S.

Apel Siaga Bencana yang digelar di Posal Samas Kab. Bantul ini,  dengan pertimbangan bahwa wilayah Kab. Bantul dalam catatan mitigasi bencana merupakan salah satu daerah rentan akibat cuaca ekstrem berupa bencana banjir bandang disertai tanah longsor, luapan air laut/ROB, angin puting beliung dan lainnya, sehingga dengan kondisi ini dapat membawa dampak dan ancaman terhadap keselamatan jiwa manusia, harta benda maupun dapat mengganggu aktivitas sosial ekonomi masyarakat dan pemerintah.

Pada kesempatan apel ini, selain melaksanakan pengecekan personel yang terlibat siaga bencana, juga dilaksanakan pengecekan dan kelengkapan sarana prasarana, alat apung serta kesiapan akomodasi tim siaga bencana terdiri dari unsur personel gabungan Mako Lanal Yogyakarta, Tim Intel, Tim Pomal, Tim Kesehatan, Tim Kendaraan, Tim Satuan Markas, Tim Komunikasi serta personel Posal.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro dalam pesan singkatnya menekankan untuk memperhatikan perkembangan situasi dan kondisi saat ini.

"cuaca ekstrem di berbagai wilayah telah menyebabkan timbulnya korban, baik korban jiwa maupun harta benda dan kondisi seperti ini tidak dapat diprediksi secara pasti kapan terjadinya, sehingga menuntut kewajiban kita selaku unsur kekuatan TNI untuk selalu siap siaga mengantisipasi bencana dengan menyiapkan sebaik mungkin personel dan materiil," terangnya.

Dalam pelaksanaan penanggulangan bencana lanjutnya, diperlukan koordinasi dan sinergitas dengan berbagai pihak, adapun adanya keterbatasan personel dan peralatan Lanal Yogyakarta, dapat diantisipasi dengan menyiagakan personel dan peralatan di setiap Posal-Posal jajaran Lanal Yogyakarta.

Posal tersebut adalah Posal Sadeng untuk wilayah Kab. Gunung Kidul, Posal Samas untuk wilayah Kab. Bantul dan Posal Karangwuni untuk wilayah Kab. Kulonprogo, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi bencana dapat segera melaksanakan upaya tanggap bencana dengan cepat dan tepat.


0 komentar:

Posting Komentar