Manfaat dari teknologi Artificial Intelligence pada kamera Smartphone

JAKARTA – Seiring dengan perkembangan waktu, kemampuan smartphone semakin beragam. Salah satu yang cukup menarik perhatian masyarakat adalah keberadaan teknologi artificial intelligence (AI) yang biasanya disematkan kamera smartphone.
Lantas, apa kegunaan AI di dalam kamera smartphone? Sesuai namanya, artificial intelligence atau kecerdasan buatan dapat diartikan sebagai teknologi komputer yang memiliki kecerdasan seperti manusia. Nah dalam praktiknya, AI dapat memudahkan sebuah pekerjaan di smartphone.
Dalam kaitannya dengan kamera smartphone, AI dapat meningkatkan kualitas kamera secara lebih maksimal. Kehadiran AI di kamera juga dapat membuat segala pengaturan gambar berjalan secara otomatis
Dengan AI, antarmuka kamera smartphone dapat mendeteksi objek dalam frame foto secara otomatis, baik itu foto pemandangan yang diambil secara landscape atau foto diri dengan mode portrait dengan detil yang lebih tajam, lalu memaksimalkan setting kamera sehingga menghasilkan hasil foto yang maksimal kualitasnya.
Masih membahas mengenai foto orang secara close-up dengan mode portrait, AI juga mampu meningkatkan kualitas foto bokeh yang sebelumnya hanya bisa dieksekusi melalui kamera profesional. Untuk pengguna yang sering selfie, AI pun sanggup mengenal fitur wajah dengan teknologi facial recognition dan memberikan efek beauty yang disesuaikan dengan kontur muka pengguna.
Salah satu pabrikan smartphone yang senantiasa menggunakan AI di dalam kameranya adalah realme. Pabrikan yang identik dengan inovasinya itu menyemat AI di setiap produk-produknya yang dijual di Indonesia.
Produk terbaru realme pun, realme 3 juga memiliki fitur AI di kameranya. Di bagian belakang, AI dapat membuat kamera realme 3 mengenali 16 scene gambar independen dan 100 kombinasi scene gambar untuk secara otomatis memilih strategi pencahayaan terbaik untuk dynamic range dan rasio kontras yang lebih baik.
Untuk keperluan selfie, AI yang secara tepat dapat mengembalikan detail kualitas kulit, mata, dan rambut melalui 296 titik identifikasi wajah. Dengan demikian, hasil selfie pengguna dapat dapat dihasilkan secara lebih maksimal.
Secara cerdas, AI di kamera realme 3 dapat menentukan jenis kelamin pengguna. Melalui mode Group Selfie Beauty yang menggunakan algoritma, kamera secara otomatis mengidentifikasi jenis kelamin pengguna. (***)

0 komentar:

Posting Komentar